Monthly Archives: March 2014

Bahas Soal OSP 2013 Nomor 10

Soal OSP Nomor 10 ini pengen saya bahas, karena menurut saya sendiri soal ini merupakan sebuah soal yang cukup unik ~

10. Besok, Raja Dengklek akan mengadakan pesta yang sangat besar. Raja Dengklek telah memesan
2013 botol anggur untuk pestanya tersebut. Namun berdasarkan laporan, salah satu dari botol
anggur tersebut telah diberi racun. Racun ini diketahui tidak akan menunjukkan tanda-tanda
keracunan sampai orang yang meminumnya mati. Kematian terjadi antara 13-20 jam setelah racun
terminum, walaupun hanya terminum setetes. Raja Dengklek memiliki 2013 orang tahanan yang
rencananya akan dieksekusi. Raja Dengklek harus berhasil menemukan botol anggur yang
mengandung racun tersebut dalam waktu 24 jam.
Berapa minimal banyaknya tahanan yang harus minum dari botol-botol anggur yang ada untuk
memastikan botol mana yang mengandung racun? {tuliskan dalam bentuk angka}?

Read the rest of this entry

Advertisements

Pembahasan OSK Komputer 2013 Part 2 [Programming]

Saya  lanjutkan untuk membahas soal OSK Komputer 2013. Namun saya akan membahas bagian programming terlebih dahulu. ( No 31- 46)

31. Perhatikan fungsi dari potongan program berikut!

function panggil1(x:longint):longint;
begin
   if (x<3) then panggil1:=0
   else panggil1:=panggil1(x-1)+2*panggil1(x-2)+3;
end;

Bila fungsi di atas dipanggil dengan panggil1(7), maka hasil keluarannya adalah:

Solusi : Fungsi panggil1 disingkat fungsi p.

p(7) = p(6) + 2*p(5) + 3 = 30 + 2*15 + 3 = 63
p(6) = p(5) + 2*p(4) + 3 = 15 + 2*6 + 3 = 30
p(5) = p(4) + 2*p(3) + 3 = 6 + 2*3 + 3 = 15
p(4) = p(3) + 2*p(2) + 3 = 3 + 2*0 + 3 = 6
p(3) = p(2) + 2*p(1) + 3 = 0 + 2*0 + 3 = 3
p(2) = 0
p(1) = 0

Maka panggil1(7) = 63.

Read the rest of this entry

Pembahasan OSK Komputer 2013 Part 1 [Logika]

Jadi, daripada kurang kerjaan, menjelang kakak kelas UAS saya memutuskan membuat pembahasan OSK 2013 yang sudah saya kerjakan :3

Soal dapat diunduh di : Soal OSK 2013 (file ini diambil dari toki.or.id)

Deskripsi berikut ini dipergunakan untuk soal no. 1 dan 2

Sakelar adalah alat untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik. Bila sakelar dipasang
pada sebuah lampu, maka sakelar tersebut bisa menyalakan atau mematikan lampu tersebut.
Di rumah Sugeng, ada 30 lampu yang dinomori dari 1 sampai 30. Untuk menyalakannya, Sugeng
memiliki sakelar khusus, yaitu sakelar yang terhubung dengan lebih dari satu lampu. Ada lima
sakelar, yaitu:
Sakelar A, yaitu sakelar yang terhubung dengan lampu bernomor kelipatan 2.
Sakelar B, yaitu sakelar yang terhubung dengan lampu bernomor kelipatan 3.
Sakelar C, yaitu sakelar yang terhubung dengan lampu bernomor kelipatan 5.
Sakelar D, yaitu sakelar yang terhubung dengan lampu bernomor kelipatan 7.
Sakelar E, yaitu sakelar yang terhubung dengan lampu bernomor kelipatan 11.
Perlu diingat, jika lampu dalam keadaan mati, dan sakelar yang terhubung dengannya ditekan,
maka lampu tersebut akan menyala. Begitu pula sebaliknya.

1. Ada berapa lampu yang tidak bisa dinyala/matikan karena tak terhubung dengan saklar?

Solusi : Lampu yang dinomori 1 pasti tak akan bisa menyala karena tidak terhubung dengan sakelar sama sekali. Lampu lain yang tidak akan menyala adalah lampu prima yang lebih besar dari 11, yaitu 13,17,19,23,29. Jadi total lampu yang tidak bisa menyala adalah 6, yaitu  : 1,13,17,19,23,dan 29. Read the rest of this entry

OSK 2014 sudah dekat

Yay ! OSK 2014 sudah dekat. Tentunya ini merupakan ajang tahunan yang saya tunggu, karena harus lewat ini dulu baru bisa masuk OSN XD . Tahun lalu, udah lolos OSN, tahun ini mesti lolos juga! Semangat :3 . Sekitar 3 minggu lagi maka OSK akan dimulai. Di Manado sendiri, kabarnya OSK ini akan dimulai tanggal 1 April. 1 April OSKnya cukup menarik soalnya entar kalo udah selesai ngerjain, dikumpul panitianya teriak “”April Mop”. Abaikan itu hanyalah khayalan konyol saya belaka.

Persiapan SMAN 9 Binsus Manado (sekolah tetangga saya), sendiri cukup baik menurut saya. Barusan diadain seleksi buat motong jumlah anggota jadi 11( termasuk saya ). Well, saya dapat golden ticket jadi gak ikut seleksi. Asyik :v . Jadinya aku bikin soal buat yang mau seleksi. Dari 4 soal yang diambil cuma 2 soal saja( Sir ganteng pelit milih soal mudah gw, maunya ngasih yang susah :v ). Well, 11 orang yang lolos ini, akan latihan bener” buat OSK nanti. Dari 11 yang lolos ada 2 teman kelas saya yang lolos :3 . Asyik. ( Jadinya bisa maen :v ). Sekolah kami sendiri mulai latihan soal” OSK yang tahun” sebelumnya. Soal-soal ini sendiri dapat teman – teman unduh di http://www.toki.or.id/downloads/ . Itu lengkap bener soalnya, ada dari OSK,OSP,OSN 2006-2013. 

Saya jelasin dikit dih proseduran olimpiade komputer itu sendiri. OSK setau saya terdiri dari 50 nomor pilihan ganda, 30 logika dan 20 programming, dengan poin benar = 4, salah = -1, tidak diisi = 0. Soal logikanya hanya seperti logika bahasa, matematika diskrit, dll. Untuk programmingnya, kita baca ada penggalan program terus nentuin outputnya, inputnya, yang harus ditambah,dll. Kalau sempat, saya akan mencoba membahas beberapa soal OSK.( Ingat, kalo sempat ) XD .

 

Udahan isi post kali ini ~ Go Get Gold!!