Monthly Archives: February 2014

Penyisihan ILPC 2014

Jadi, pada Jumat dan Sabtu yang lalu saya mengikuti sebuah lomba logika+programming ILPC yang diadakan Universitas Surabaya. Jadi, ceritanya ini adalah lomba tim, ini kali pertama saya mengikuti ILPC, saya setim dengan kakak kelas saya, Nelvson Shine yang ganteng :v . Sesi logika tim gw sendiri kayaknya kurang bagus. Soalnya ngerjainnya gak serius banget sih, seriusnya cuma 15% an, sisanya FB-an gak jelas ama makan pizza buatan sir irawan yang unyu ūüėÄ . Sesi programming esoknya, mulai agak serius dikit. Gw bagi tugas. Gw bagian codingnya, Neil bagian debugging ama bikin corner casenya. Overall sih gw kurang puas dengan hasil yg gw dapatkan.

 

Jadi, ceritanya gw bakal bahas soalnya menurut versi gw sendiri. Soal programming kali ini terdiri dari 8 soal. Tim saya sendiri bisa ngerjain 5 soal, Mestinya bisa 6 sih, cuman mabok =_=”

A. Prime Square

Problem ini, menurut gw problem bonus XD . Intinya cuma cek kalo ada bilangan prima dalam barisan terus cek apakah bilangan prima tersebut terdapat bilangan kuadratnya.

B. Listrik

Entah. Kalau mau diliat sih kayaknya DFS, cuman gw waktu itu malas mikir XD

C. Segi Enam

Ini problemnya sih cuman pola doang XD . Intinya aku cuman ngerjain dari bagian atas sampai bagian tengah – 1 nya . Rumus nyari spasinya sendiri (untuk bagian atas sampai tengah kurang satu) adalah (panjangnya string – baris) . Terus cetak aja stringnya. Tiap penambahan baris tambahkan 2 karakter string tersebut. Terus disave ke matriks (save ke array juga bisa)

Di bagian tengahnya, disuruh nyetak bintang. Itu cetak string  yang dibaca, lalu bintang sebanyak panjangnya string -1, lalu cetak string itu kembali

Buat bagian bawahnya cetak aja sama kayak yang di tengah sampe ke atas

D. Penamaan Konstanta

Kalau ketemu karakter huruf besar, selain huruf besar pertama cetak ‘(huruf besar tsb)’ ¬†+ ‘_’ . Kalau ketemu huruf kecil dicetak jadi huruf besar. Untuk karakter lain diabaikan saja

E. Petak Umpet

Soal ini Josephus Problem, rumusnya gak dapet, bruteforce nya TLE wkakakak. Lagipula soal ini kurang kerjaan, ngapain mau main petak umpet box buat sembunyinya ampe 10000. Emang yang mau sembunyi satu kota ? Lol XD

F. F&F

Intinya gampang. Pertama cek aja ada berapa 0 dari 1! sampai n!. Terus dijumlahin aja. Gampang XD

G. Menur

DP. Kurang ngerti sih maksud soalnya. Kayaknya problem tersulit di lomba ini XD

H. Selalu Menang

Ad Hoc. Cuman nyoba aja sih. Setiawan akan selalu kalah. Alyosius tinggal ngambil (10 – x) , dengan x adalah jumlah koin yang diambil Setiawan.

 

Itu pembahasan dari saya. Semoga bermanfaat bagi semua yang membaca :3

OSN 2013, Pengalaman Menyenangkan dan Menyedihkan

Sekedar info, ini adalah performa pertama saya dalam OSN Komputer, dan kali ke 3 saya mengikuti OSN sejak SD.

Menyakitkan, ya itulah perasaan gw saat gw menyadari betapa buruknya performa yang saya lakukan pada OSN. Dari sepanjang kontes pemrograman yang saya ikuti dan berbagai lomba yang saya ikuti, OSN 2013 ini adalah performa terburuk saya. Hari pertama, berbagai kesalahan konyol saya lakukan, dan butuh waktu lebih dari 2 jam untuk menyadari hal itu. Nilai gw rendah banget. Jujur aja, gw merasa malu dengan performa gw kali ini. ¬†Harusnya gw bisa dapat medali. Mengapa gw harus menjadi teledor di saat-saat penting seperti ini ? Mengapa gak pas simulasinya aja kek gw jadi bego. Hari kedua, gw udah down, dan gw tau hasilnya 3 kali lipat lebih parah dari hari pertama. Gw udah pesimis gak dapat medali. Nggak perlu tunggu pengumuman pun gw udah tau. Sedih banget sih rasanya, tapi yang berlalu biarkanlah berlalu. Kita tatap masa depan yang penuh harapan *_* . It’s not too bad after all, i still be able to participate in the next OSN. And the next would be my second and last chance. Yeah, lewati masa-masa suram. Kita bahas masa-masa menyenangkannya :v .

OSN kali ini teman sekamarku asyik-asyik semua orangnya ~ Kebanyakan mahonya  koplaknya sih tapi sumpah, asyik bener! Asyik diajak ngobrol, asyik diajak bercanda :3 . Well, temen seprovinsi juga banyak kenalan gw, rata-rata lulusan SMP Eben sih :v . Jadi gak boring pas kumpul bareng :3

Wisata OSN kali ini lumayan asyik lah. Wisatanya ke trans kawanua¬†studio bandung. Asyik! Tempatnya gede! Gw naik wahana-wahana greget di sana. Karena tak berhasil menemukan teman seprovinsi gw, gw pun pertama naik wahana bersama temen sekamar gw, Andre yang¬†maho¬†ceria ~ Gw kontak teman seprovinsi gw Eca, dia sibuk naik wahana sampai gak baca PM gw T^T , sedih bener gw dicampakkan :v . Tapi akhirnya, gw bertemu mereka yay! Gw juga liat temen” gw yang gak sehotel ama gw. Oh iya, hotel gw sendiri itu Marbella Suites, yg konon katanya tempat buat mesra-mesraan kek bulan madu ~ Asyik, romantis bener ~ Hotel ini sendiri cuma menampung siswa di bidang studi Kimia, Kebumian, Komputer, dan Biologi( satu – satunya yang gak ada “K”-nya) :v . Setelah itu gw main ama temen seprovinsi gw. Naik wahana yang ada rumah hantunya, yg bikin gw ama temen gw teriakin hantunya yang megang-megang( hantu genit :v ). Nonton drama dan lain- lain. Setelah puas jalan-jalan di trans studio, kami pulang ke hotel masing-masing dan bersiap untuk pengumuman di besok hari. Well , setelah pengumuman selesai provinsi gw dapat 3 medali, 2 perak, 1 perunggu, dan 2 perak disumbangkan dari sekolah yang nyebelin banget¬†¬†gw sendiri. Congrats ~

Besoknya kami pulang yay! Pamitan ama teman sekamar dan ke bandara. Akhirnya balik ke manado, 3 minggu lebih gw di bandung, capek vroh XD . Well, OSN 2013 benar-benar pengalaman yang menyenangkan! Walaupun ada kenangan menyedihkan di dalamnya. Yah, gw gak bisa protes yang telah berlalu XD. Tahun ini akan jadi tahun terakhir gw mengikuti OSN. I’ll work hard for that. Doakan supaya gw bisa dapat medali yah ^^