ICPC Jakarta 2016

Day 2!

Pagi harinya pas bangun Lantang sama Ihsan udah pada mandi, aku yang paling terakhir. Kalo katanya Lantang sih aku orang yang tidurnya paling cepat tapi bangunnya paling lama XD

Pas kelar, kita semua checkout ke bawah. Udah ada bus yang siap buat ke kampus Binusnya, namun kita harus menungu tim abang Widardi, karena kita sama sama dari UGM. Padahal aku sudah sangat ingin meninggalkan beliau (?)

Pas nyampe ke Binus disambut dengan breakfast. Salah satu yang membuat ICPC ini istimewa adalah makanan nya yang enak-enak. I won’t lie about this. Ini juga salah satu yang melatarbelakangi nama tim saya :’)

Sehabis breakfast ada photosession, tapi karena timku telat datang, jadinya kita ikut pembukaan terlebih dahulu. Dilanjutin sama Trial Session dan Notebook Checking. Soal Practice harusnya bisa dikerjain sampe selesai, tapi entah kenapa timku malah ga selesain soal practice sessionnya :’)

Oh ya, singkat cerita soal practice session, ada 4 soal dengan kategori easy mungkin. Sehabis trial session ini, kita langsung lunch! Aku ga tau nama makanannya apa, yang jelas aku makan banyak lagi untuk menyemangati aku pas lomba. Sehabis makan kita pergi foto ke photobooth, diikuti ngambil paket traveloka. Sehabis itu kita ke ruangan untuk pertempuran yang sebenarnya!

Contest started!

Ada 12 soal dalam ICPC kali ini. Aku membaca soal A. “Wah ini soal paling EZ! Let’s go solve this!”. YA. I was never been this wrong in my whole life. Ternyata soal tersebut penuh trap, mengakibatkan, saya menjadi retard, dan melakukan kebiasaan buruk saya. SPAM Submission. OK. Singkat cerita, saya menghabiskan waktu lama sekali pada soal tersebut. Hingga akhirnya Lantang yang sedang membaca soal D langsung bilang ke aku : “Jos, ini soal gampang. Ada rumusnya”. Ok, soal D itu melibatkan modulo invers, ya soal MODULO INVERS, yang membuat kita tidak mendapat 5 besar di ideafuse medan. Lucky us, sejak saat itu MODULO INVERS  selalu terpatri dalam cheatsheet saya. Setelah coding yang agak ngebug akhirnya kita mendapatkan balon pertama kita pada menit ke-81. Well, this is not a good start to be honest. My team can perform better, kalau aku tidak retard pada soal A. Maafkan aku teman-teman :’)

Berikutnya L ( note L = Ihsan. Ini salah satu panggilannya) mengambil alih komputer, katanya dia udah mendapatkan solusi buat soal D dan L. Dicoding, namun entah kenapa ngebug, ngebug, dan ngebug. Dan entah kenapa pada saat itu aku merasakan pusing. Mungkin kebanyakan makan daging (baca : anak kosan jarang makan daging) :v (OOT).

Lantang mengambil alih komputer untuk coding soal L. Setelah waktu yang lama Lantang pun submit. TLE!. Kami panik, dia juga panik. Akhirnya dengan menggunakan cara yang aku tidak mengerti apa yang dia lakukan, Lantang pun AC soal itu pada attempt ke-3 menit ke 193. WOW. Luar biasa. Itu menjadi penyemangat buat kami untuk soal-soal selanjutnya. Kami merasa termotivasi XD

Aku pun ngeliat soal J yang dikerjain bang L. Hmm, looks like i can make this. Ya problem ini juga melibatkan modulo inverse! Saat ini lantang sedang keluar untuk mencari udara segar. Dan i recode it. And we got Accepted at menit 217. Dan akhirnya kami mengerjakan soal D. Dan aku yang sudah setres sama problem A, akhirnya menyuruh Lantang membaca soal tersebut. Ternyata kesalahanku adalah mencetak DIFFERENT date. Jadi jika input soal adalah 12-12-12 jawabannya adalah 1. Meanwhile jawabanku adalah 6. OK. Setelah dikasih tau, langsung implement akhirnya AC pada submission ke – 8 menit ke 238, 2 menit sebelum scoreboard difreeze.

Well, target kita tercapai. 4 balon sebelum freeze. Not a good one, but we still have one more hour to go! Ya, itulah yang aku pikirkan. Namun 1 jam terakhir, kita ga menambah AC :’). While L mengerjain D, aku dan Lantang membahas soal I, yang ternyata disadari setelah lomba selesai, dibagikan pembahasan menggunakan Chicken Mgnugget Theorem. Teorema yang membuat perutku makin lapar.

Cukuplah berlarut dalam kesedihan :’). Sehabis lomba, L dan Lantang pergi sholat. Sementara aku bertemu windi dan memutuskan untuk berjalan-jalan dengan windi. Aku makan steak. Ya Steak nya enak, dan sambil menulis ini aku merasa lapar 😦

Dilanjutin makan benda-benda lain sampai kenyang. Dan di sini aku menertawakan Rizki, karena dia tidak makan di kelas-kelas yang tersebar, melainkan di ruangan utama XD. Dan akhirnya dia menyesal.

Karena besok saya dan Rizki ada praktikum pagi, terpaksa kami harus balik ke jogja untuk praktikum. Ya saya dan dia sudah absen 3 kali, jadi udah ga bisa absen lagi. (Aturan di UGM untuk praktikum adalah tidak boleh bolos lebih dari 3 kali, jika bolos lebih dari itu maka ga bisa ikut ujian). Kami pulang ikut kereta malam jam 20.45. Sehabis makan kami langsung ke kereta. Di sini gw tepar. Mual sejak lomba jadi ga tertahan, dan gw merasa sakit.Untungnya setelah tidur di kereta akhirnya saya sehat kembali. Mungkin saya kurang istirahat karena memang bukan kebiasaanku untuk tidur di kereta. Aku ga bisa tidur di kereta 😥

Itulah pengalaman ICPC ke – 2 ku. Semoga tahun depan, timku bisa ikut lagi, dengan hasil yang lebih baik dari tahun ini.

 

Nb : Trivial, foto menyusul secepatnya

About Josua Aditya Mustiko

KnightSaber77 ~

Posted on November 22, 2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

