My OSN Journey – Day 4

Day 4 – Second Day

Sori kelamaan nulis day 4 ini soalnya kesibukan di sekolah, dan ga bisa move on dari second day 😛 

Jadi ceritanya, setelah melihat hasil kemarin, gw memasang target medali perak, berusaha untuk mendapatkan nilai yang lebih baik untuk hari ini. Parahnya dewa di ruangan ini pada ngumpul semua. Gw ama franko kebagian ruangan ke 3, ruangan para dewa OwO . Masuk di sana saja sudah cukup mengintimidasi, sudahlah curhatnya :v , sekarang move on ke day 2. Pas masuk, gak lama, liat kontes mulai, seperti kemarin ada total 4 soal hari ini. Bedanya hari ini udah ga ada soal kreatif ( ASYIK ), soal hari ini terdiri dari 3 Batch dan 1 Interaktif. Keempat soal itu adalah :

  1. Komunikasi Bebek – Pola (?)
  2. Suten – Interaktif, Ad Hoc, Buat dapetin 100, denger” pake directed graph
  3. Sang Pelompat – Udah jelas BFS ._.
  4. Untaian Tali – BST (?)

Oke, jujur aja, pas ngeliat soal hari ke dua ini gw langsung nge-down. Gw sangat lemah di BFS, jadi soal ini jelas sangat merugikan buat gw 😦 , dan sampaih ari ini gw masih menyesal kenapa gw gak memperkuat BFS gw. Liat P4, gw benar-benar gak ngerti maksud soal. Terpaksa pilihan gw pertama, adalah memainkan game interaktif dari soal 2, suten. Gw dengan antusias bermain game ini :v . Namun, setelah menyelesaikan 2 subsoal, saat mau mendownload source codenya, ternyata tak bisa didownload ! Akhirnya gw klarifikasiin, dan akhirnya diperbaiki. Setelah diperbaiki pun, cuman  subsoal 1 yang bisa didownload. Sekitar 1 jam kemudian, barulah beres. Dan gw menyelesaikan game itu dan mendapatkan 18 poin. Bayangkan betapa frustasinya gw memulai 1 jam pertama dengan poin 18 dari 400! Sesudah itu gw langsung dapetin ide buat jebol subtask 5&6 buat soal ini. Gw coding dan sukses dapet 51! ( atau 52, atau 53, udah lupa 😛 ). Gw pun ngerjain subtask 3&4 secara terpisah dan mendapatkan tambahan poin, sehingga poin gw di soal ini menjadi 72. Ok, sekarang gw move on ke soal lain. Gw nyampah dulu semua subtask yang bisa didownload, dan dapetin poin 18 di komunikasi bebek, 19 di sang pelompat, dan gak ngerjain yang Untaian itu. Gw bener-bener gak ngerti soal itu. Jadi dalam sehari ini gw udah pasti kehilangan sangat banyak poin 😥 . Ok, gw nyoba kerjain p3, Sang Pelompat, dengan cara gw sendiri. Hasilnya nihil. Poin gw ga nambah. Gw nge-stuck. Mungkin karena gugup, gw gak bisa nambah poin sama sekali di soal ini.

Gw pun mikirin rekursi buat p1, komunikasi bebek. Namun gw sama sekali nge-stuck! Gw bahkan gak dapetin ide buat rekursinya (bruteforce). Gw pasrah, balik-balik di soal ini sama sang pelompat, namun poin gak nambah-nambah. Hingga kalau gak salah tersisa 15 menit, server mati! Jadi peserta mendapatkan tambahan waktu! Gw pun nyoba ngerjain p4 di menit-menit terakhir. Gw nyoba kerjain downloadable-subtasknya. Namun hasilnya tetap 0. Ternyata gw salah ngerti soal == . Setelah diperbaiki dapat 7, lalu 21. Akhirnya gw ngerti soal ini. Namun apa daya, waktu tersisa 5 menit. Gak ada banyak yang bisa gw lakuin, gak mungkin gw coding untuk soal ini. Gw pun nyoba debug Sang Pelompat sampai detik-detik terakhir. Namun akhirnya poin gw ga nambah :’) . Total gw di day ke 2 ini benar-benar sangat ancur. Pas keluar gw ketemu ragil. Katanya poinnya 220. Gila banget == , ini anak kok bisa imba gini ? ==a, pas liat scoreboard gw lebih kaget parah. Banyak hijau ( Accepted ) di scoreboard atas, membuat gw merasa makin cupu.

Waktu itu adalah dilema terbesar gw. Gw disisi lain mengharapkan mendapatkan perak, namun nilai total gw cuma 360, dan menurut gw pribadi cut-off perak adalah 400. Galau melanda pikiran gw. Namun sudahlah ! Kita harus moveon :v . Pas keluar ketemu dani dan marzel, gw langsung mengeluarkan keluh-kesah gw ( curhat nih yee ), gak lama setelah itu gw makan siang, dan habis itu, kita dikumpul di ballroom, buat seneng-seneng bersama (?)

Di ballroom, kita dikenalkan sama tim Scientific ( Pembuat Soal ), dan tim Teknis. Setelah itu kita dikasih Flash-Disk yang mewah, bentuknya itu gelang :3

Gelang OSN

FlashDisk Keren berbentuk Gelang

Dan, abis itu seperti tradisi dari tahun 2011 ( kalo gak salah ), kita tanda tangan di sebuah spanduk besar :3

Tanda Tangan OSN

Hayoo, tanda tangan aku yang mana ? 😛

Sehabis itu, gw foto – foto ama artis ibukota, Ragil Al Badrun Pasaribu \ :v /

Bareng Ragil OSN

Artis Ibukota Dari Sibolga

Oh ya, sedikit cerita, habis itu gw ke kamarnya si franko. Si anko keluar dari ruangan karena ada urusan. Oh ya, si anko ga dapet flash disk, jadi gw temenin dia buat ngemis flash-disknya, hingga akhirnya dia dapet FD yang lebih spesial, dikasih langsung dari alumni TOKI 😛 . Congrats Anko !!

 

Oh, ya sedikit cerita ga penting, habis itu gw ama temen sekontingen gw pergi ke sebuah tempat bernama ” Mataram Mall”. YAY! Di sana ada boom boom car, duesh” nabrak orang jeng jeng, habis itu kita main balap-balapan. Ini berguna banget buat ngelepas penat kita 😀 . Habis itu gw istirahat, bersiap buat rekreasi besok ! YAY Rekreasi :v #apaansih

 

Nantikan Day 5 – Day 7 di update selanjutnya

About Josua Aditya Mustiko

KnightSaber77 ~

Posted on September 19, 2014, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Tanda tanganmu sederhana amat nak? :v #PadahalGwJugaKayakGitu

  2. Berarti kita berdua orang yang sederhana :3 Btw upload cerita day 5 sampai 7 dongs, penasaran nih :3

  3. Secepatnya saya bakalan update, sibuk mid-semester, ama koneksi krg mendukung

Leave a Reply

