My OSN Journey – Day 3

Day 3 – First Day

Hari ketiga ini, adalah hari tes pertama. Sedikit informasi, OSN dibagi dalam dua hari. Pada tahun ini pada tanggal 3 & 4 September 2013. Biasanya hari pertama itu praktik, sedangkan hari kedua itu teori, atau sebaliknya. Khusus untuk komputer, 2 hari itu dua-duanya coding, sama seperti matematika keknya, dua-duanya ngerjain soal 😛 

Oke, peserta OSN Komputer diwajibkan untuk ada di depan ruangan lomba ( khusus komputer, lombanya di hotel Lombok Raya, jadi ga usah ke mana-mana 😀 ) pada jam 8 pagi, untuk dibagikan nomor posisi duduk. Oh ya, ada tiga ruangan buat OSN Komputer, dan khusus tahun ini peserta menggunakan laptop bukan komputer. Laptopnya pun semuanya sama 😛 . Karena lombanya jam 8, gw bangun jam 6 lewat sedikit. Habis mandi, langsung turun sarapan, ngumpul bareng teman-teman sekontingen buat makan bersama. Sambil ngucapin “Good Luck, semoga sukses day-1 nya”. Saat selesai makan, gw ke kamar, beristirahat sejenak, mengambil tempat pensil buat dibawa ke bawah. Pas nyampe di pembukaan, kalo ga salah gw dapet nomor 10, yang berarti gw berada di ruangan pertama. Oh,ya ruangan ini cukup mengintimidasi karena banyak dewanya ._.

Sekitar jam 8.15 soal pun bisa dibuka, gw pun langsung melihat ada 4 soal di sini

  1. Pelontar Bebek – Fisika (?) XD
  2. Reduksi String – Prefix Sum
  3. Perang Dunia Ketiga – Ga tau algonya apa, gw cuma bruteforce
  4. Cat Tembok / Cat Rumah (??)  Yang penting ada catnya lah 😛 – Soal Kreatif

Gw menggunakan taktik yang diajarin guru gw terlebih dahulu, yaitu pertama gw membaca soal terlebih dahulu. Setelah membaca semua soal, sepertinya tingkat kesulitan menurut gw pribadi dari mudah ke sulit itu 2-1-3-4. Oke, pas pertama ngeliat p2, gw yakin bisa ngerjain soal ini. Gw pertama mencoba nyampah di soal ini menggunakan bruteforce yang sangat jelek, tiap query gw copy dari index a ke b. Dan dapat poin 39. Oke, berikutnya, gw nyoret di kertas dan dapet ide buat dapetin AC, yaitu make prefix sum + binser. Gw implement di kode, dan menghabiskan waktu kira-kira 1 jam. Namun setelah submit, gw dapet TLE dan cuma dapet 39 lagi! Jelas gw panik parah waktu itu. Untuk menenangkan diri, gw kerjain soal p3 berikutnya, karena menjauhi soal fisika terlebih dahulu. Gw bener-bener stuck, ga kepikiran buat dapetin poin penuh untuk soal ini. Gw bruteforcein, coba semua kemungkinan angka yang bisa dari 1 sampai 3000. Dapet poin 53! Yes. Berarti total poin gw itu 92.

Gw pun mencoba debug program yg udah gw bikin di reduksi string. Mungkin karena panik, gw lupa bahwa string yang dicopy cukup yang panjangnya kurang dari 10 saja!  Gw baru sadar ini pas keluar ruangan. Mungkin gw harusnya mendapatkan poin penuh untuk soal ini 😦 . Karena ga ketemu di mana salahnya, gw pun nyampah pake prekomputasi. Karena buat subtask sebelum terakhir itu N nya cuman 100, gw coba aja semua kemungkinan dari 1..1,1..2,1..3,….,100..100. Dapet poin 66 ! Cukup seneng sih, karena setidaknya poin gw bertambah. Abis itu gw coba nyampah ga jelas di p4, dan dapet 24 poin. Ini masih menjadi sebuah misteri.

Sesudah itu gw coba ngerjain p1 yang fisika itu. Gw pas baca soal ini langsung kepikiran make coin change! Ya, gw langsung coding, implement, submit dan hasilnya nihil 😦 . Gw cuma dapet 8 poin doang. Mungkin bisa dibilang, ini momen gw yang paling membuat gw frustasi! Gw nyoba debug dengan berbagai cara, hasilnya malah turun jadi 0! Di situlah entah kenapa gw down banget. Dan setelah sekitar 1 jam 15 menit sebelum kontes berakhir, gw sadar bahwa rumusnya itu make absolute, di mana program gw ga make fungsi absolute! Gw langsung menepuk dahi, dan nambah abs secepat kilat. Poin gw di soal itu jadi 45! Habis itu entah apa firasat gw menyuruh gw untuk coding lagi soal p1 ini. Scoreboard difreeze! Dan setelah coding lagi nilai gw jadi 79! Yes berarti persebaran poin gw 79-66-53-24. Gw coding terus buat soal p4 dengan teknik sampah gaje. Sekedar info, token gw habis di sini saking gajenya gw nyubmit-nyubmit soal 😛 . Oh ya, dan nilai gw pun jadi 30 untuk p4.

Setelah keluar gw berbincang-bincang dengan ragil. Si Ragil dapet 232 di hari pertama dan bilang dia ga bikin p4 sama sekali. Habis gw bilang gw nyampah gaje di soal itu, dia jadi marah-marah gak jelas XD . Namun setelah mbahas, gw kecewa, baru nyadar kalo p2 gw bisa AC kalo gw nambah hanya sebaris doang! Kecewa parah lah, sejujurnya gw pribadi ngarep performa hari kedua gw bisa lebih baik dari hari pertama ini.

OSN - 3 September 2013 01

Scoreboard Frozen Day 1 OSN 2014!

Habis mbahas, makan siang, gw ke atas. Gw bertemu dengan Goe dan Febo, temen sekontingen gw. Astronomi lomba malam rupanya, mau mengamati bintang di langit ooo~ ~ Gw berbincang-bincang dengan mereka, hingga gak lama gw kembali ke kamar. Rupanya si Fahmi juga dapet poin 232, sama kek ragil. Dia juga kecewa ga nyampah di p4 wkwkwk. Kalo gak salah si anab dapet 226. Jujur, angka hari pertama ini agak sedikit mengejutkan. Kalo liat di frozen scoreboard, banyak dewa yang poinnya di bawah. Walau satu jam terakhir mungkin nilai mereka naik secara gila-gilaan ._.

Secara sisi gw sendiri, hari ini gw ga terlalu banyak foto-foto, gw bener-bener pengen mempersiapkan diri buat besok. Semoga tim Sulut mendapatkan hasil yang terbaik juga!

 

Tunggu update Day 4 – Day 7 yah 😛

About Josua Aditya Mustiko

KnightSaber77 ~

Posted on September 10, 2014, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

