Penyisihan ILPC 2014

Jadi, pada Jumat dan Sabtu yang lalu saya mengikuti sebuah lomba logika+programming ILPC yang diadakan Universitas Surabaya. Jadi, ceritanya ini adalah lomba tim, ini kali pertama saya mengikuti ILPC, saya setim dengan kakak kelas saya, Nelvson Shine yang ganteng :v . Sesi logika tim gw sendiri kayaknya kurang bagus. Soalnya ngerjainnya gak serius banget sih, seriusnya cuma 15% an, sisanya FB-an gak jelas ama makan pizza buatan sir irawan yang unyu 😀 . Sesi programming esoknya, mulai agak serius dikit. Gw bagi tugas. Gw bagian codingnya, Neil bagian debugging ama bikin corner casenya. Overall sih gw kurang puas dengan hasil yg gw dapatkan.

 

Jadi, ceritanya gw bakal bahas soalnya menurut versi gw sendiri. Soal programming kali ini terdiri dari 8 soal. Tim saya sendiri bisa ngerjain 5 soal, Mestinya bisa 6 sih, cuman mabok =_=”

A. Prime Square

Problem ini, menurut gw problem bonus XD . Intinya cuma cek kalo ada bilangan prima dalam barisan terus cek apakah bilangan prima tersebut terdapat bilangan kuadratnya.

B. Listrik

Entah. Kalau mau diliat sih kayaknya DFS, cuman gw waktu itu malas mikir XD

C. Segi Enam

Ini problemnya sih cuman pola doang XD . Intinya aku cuman ngerjain dari bagian atas sampai bagian tengah – 1 nya . Rumus nyari spasinya sendiri (untuk bagian atas sampai tengah kurang satu) adalah (panjangnya string – baris) . Terus cetak aja stringnya. Tiap penambahan baris tambahkan 2 karakter string tersebut. Terus disave ke matriks (save ke array juga bisa)

Di bagian tengahnya, disuruh nyetak bintang. Itu cetak string  yang dibaca, lalu bintang sebanyak panjangnya string -1, lalu cetak string itu kembali

Buat bagian bawahnya cetak aja sama kayak yang di tengah sampe ke atas

D. Penamaan Konstanta

Kalau ketemu karakter huruf besar, selain huruf besar pertama cetak ‘(huruf besar tsb)’  + ‘_’ . Kalau ketemu huruf kecil dicetak jadi huruf besar. Untuk karakter lain diabaikan saja

E. Petak Umpet

Soal ini Josephus Problem, rumusnya gak dapet, bruteforce nya TLE wkakakak. Lagipula soal ini kurang kerjaan, ngapain mau main petak umpet box buat sembunyinya ampe 10000. Emang yang mau sembunyi satu kota ? Lol XD

F. F&F

Intinya gampang. Pertama cek aja ada berapa 0 dari 1! sampai n!. Terus dijumlahin aja. Gampang XD

G. Menur

DP. Kurang ngerti sih maksud soalnya. Kayaknya problem tersulit di lomba ini XD

H. Selalu Menang

Ad Hoc. Cuman nyoba aja sih. Setiawan akan selalu kalah. Alyosius tinggal ngambil (10 – x) , dengan x adalah jumlah koin yang diambil Setiawan.

 

Itu pembahasan dari saya. Semoga bermanfaat bagi semua yang membaca :3

About Josua Aditya Mustiko

KnightSaber77 ~

Posted on February 17, 2014, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. imba m(_ _)m…

Leave a Reply

